Hari
Jam
Menit
Detik

[ 39281 ] Peserta Telah Bergabung

Penyedia platform simulasi CAT SKD untuk Calon CPNS dan Sekolah Kedinasan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Pembukaan CPNS Kemendikbud 2021 Berikut formasi untuk lulusan SMA/SMK sederajatLowongan CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah ditunggu-tunggu. Pasalnya, Kemendikbud belum membuka pendaftaran sejak awal pembukaaan CPNS 2021 30 Juni 2021 lalu. Beberapa Intansi/Kementrian masih belum membuka Lowongan meski sudah dibuka.

Ada juga kumpulan formasi untuk lulusan SMA/SMK sederajat disamping selain jadwal CPNS Kemendikbud di seleksi CASN atau seleksi CPNS dan PPPK. Selain Lowongan di Kemendikbud jug tersedia lowongan di Kemenkumham hingga Kejaksaan Agung.

CPNS Kemendikbud 2021

Diketahui, sejumlah warga masih menantikan pembukaan lowongan dari Kemendikbud, bahkan warga mempertanyakan ada atau tidaknya CPNS Kemendikbud tahun 2021 ini pada akun sosial media resmi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini dikarenakan belum terbitnya pengumuman CPNS Kemendikbud di sscan.bkn.go.id sejak seleksi CASN atau seleksi CPNS dan PPPK bukan tanggal 30 Juni lalu hingga tanggal 03 Juli ini.

Pada akhirnya tanggapan warga terjawab di akun Kemdikbud.RI yang secara resmi menyatakan akan segera membuka CPNS Kemendikbud. “Mohon ditunggu informasi resminya pada laman cpns.kemdikbud.go.id tanggal 4 Juli 2021 ya, kak.” Tulis akun Kemdikbud.RI.

Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Seleksi CPNS dan PPPK 2021 juga terbuka untuk lulusan SMA/SMK sederajat. Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 hanya dapat dilakukan melalui situs sscasn.bkn.go.id. Proses pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 dibuka selama tiga pekan yakni 30 Juni hingga 21 Juli 2021 mendatang.

Daftar instansi yang membuka lowongan CPNS dan PPPKI 2021 bagi lulusan SMA/SMK :

1. Kemenkumham

Kementerian Hukum dan HAM membuka sebanyak 4.558 lowongan CPNS. Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.876 lowongan merupakan formasi Penjaga Tahanan yang bisa dilamar oleh lulusan SMA/SMK. Mengutip dari pengumuman nomor SEK.KP.02.01-520, Penjaga Tahanan dibuka untuk formasi umum dan putra/putri Papua dan Papua Barat. Rinciannya, formasi umum sebanyak 3.511 pria dan 264 wanita.

Sementara untuk putra/putri Papua dan Papua Barat dibuka 70 pria dan 9 wanita untuk Papua serta 20 pria dan 2 wanita untuk Papua Barat. Selain Penjaga Tahanan, formasi lain di CPNS Kemenkumham 2021 yang bisa dilamar oleh lulusan SMA sederajat adalah Pemeriksa Keimigrasian. Formasi Pemeriksa Keimigrasian dibuka untuk 95 orang dengan formasi umum dan putra/putri Papua dan Papua Barat. Rinciannya, formasi umum sebanyak 75 pria dan 15 wanita. Sementara formasi putra/putri Papua dan Papua Barat, rinciannya 4 pria untuk Papua serta 1 pria untuk Papua Barat.

2. Kementerian ESDM

Kementerian ESDM juga membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA sederajat. Ada dua formasi atau jabatan di CPNS Kementerian ESDM 2021 yang bisa dilamar oleh lulusan SMK. Yaitu untuk formasi Pengamat Gunung Api dan Jenang Kapal. Jenang Kapal adalah awak kapal yang mengepalai bagian jasa boga dan bagian perbekalan. Untuk formasi Jenang Kapal, bisa dilamar lulusan SMK yang telah memiliki sertifikat Basic Safety Training (BST).

3. Kemenhub

Kemenhub telah merilis jumlah kebutuhan formasi CPNS 2021 sebanyak 2.445. Di antara ribuan formasi itu, terdapat formasi yang dibuka untuk lulusan SMA sederajat. Namun rincian formasi Kemenhub hingga saat ini belum diumumkan.

4. Kejaksaan Agung

Kejaksaan Agung menyediakan dua formasi yang bisa dilamar oleh lulusan SMA sederajat. Dua formasi itu yakni Pengawal Pengawal Tahanan/ Narapidana dan Pengadministrasi Penanganan Perkara. Jumlah lowongan yang tersedia masing-masing sebanyak 496 lowongan.

Alur Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 dilakukan di portal tunggal sscasn.bkn.go.id. Untuk mendaftar, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Berikut alur pendaftaran CPNS dan PPPK 2021:
1. Daftar Akun
– Pelamar mengakses portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id;
– Buat akun SSCASN;
– Login ke akun SSCASN yang telah dibuat;
– Melengkapi biodata dan mengunggah swafoto.
2. Daftar Formasi
– Pilih Jenis Seleksi;
– Pilih Formasi;
– Mengunggah dokumen sesuai yang dipersyaratkan;
– Cek resume dan akhiri pendaftaran;
– Cetak kartu informasi akun dan kartu pendaftaran akun.
3. Seleksi Administrasi
– Panitia memverifikasi data pelamar;
– Panitia mengumumkan hasil seleksi administrasi;
– Pelamar yang dinyatakan tidak lulus dapat menyanggah hasil seleksi administrasi;
– Panitia mengumumkan hasil sanggah;
– Pelamar yang dinyatakan lulus melakukan cetak Kartu Ujian.
4. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
– Pelamar melaksanakan ujian SKD;
– Panitia mengumumkan hasil SKD;
– Pelamar yang dinyatakan tidak lulus dapat menyanggah hasil SKD;
– Panitia mengumumkan hasil sanggah;
– Pelamar yang dinyatakan lulus dapat melanjutkan proses ke tahap ujian SKD.
5. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)
– Pelamar melaksanakan ujian SKB;
– Panitia mengumumkan hasil SKB;
– Pelamar yang dinyatakan tidak lulus dapat menyanggah hasil SKB.
6. Pengumuman kelulusan
– Panitia mengumumkan hasil sanggah Seleksi Kompetensi Bidang;
– Pengumuman kelulusan CPNS 2021 bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;
– Pelamar yang dinyatakan lulus melakukan pemberkasan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang siap-siap mendaftarkan diri jadi CPNS 2021. Info ini bersumber dari situs pemerintahan sesuai dengan peraturan terbaru tahun 2021.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram