Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

SimulasiCAT.ID – Alhamdulillah ditahun 2021 kemarin pelaksanaan CPNS 2021 telah selesai dilaksanakan. Akan tetapi timbul pertanyaan baru di tahun 2022 ini, apakah pelaksanaan CPNS 2022 akan kembali dibuka ?

CPNS 2022

Ditambah beredar informasi yang masih belum diketahui sumbernya bahwa CPNS di Tahun 2022 ini akan ditiadakan, bahkan pemerintah hanya membuka dengan sistem PPPK singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.
Isu ini berawal dari seorang Pejabat Negara melalui postingan di akun instagram miliknya bahwa dia berkomentar perihal pemerintah tidak akan membuka CPNS di tahun depan ( Tahun 2022)

“2022 hanya PPPK saja. Ke depan penerimaan PNS akan sangat-sangat sedikit, yang banyak PPPK,” ujar Bima dari akun @wibisanabima, Pada Hari Selasa (12/10/2021). Nantinya, seleksi hanya dibuka untuk PPPK saja.”2022 ada penerimaan ASN, tapi hanya PPPK saja. Tidak ada PNS. Untuk 2023 belum diputuskan,” tulis dia.

Sehubungan dengan itu kabar tentang CPNS 2022 menurut Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, menjelaskan bahwa seleksi penerimaan CPNS 2022 bukan ditiadakan. Akan tetapi seleksi itu disesuaikan dengan kebutuhan saja.

“Kalau tahun depan pengertian tidak ada, itu bukan nggak ada sama sekali, tapi pengurangan sesuai kebutuhan, ‘Oh, kantor saya perlu tenaga analis, tenaga komputer’,” ungkap Tjahjo setelah mengisi acara seminar di kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (12/10/2021).

Beliau mencontohkan perihal selesi sesuai kebutuhan itu adalah jumlah orang yang keluar akan sama dengan jumlah orang masuk yang masuk.

“Ada 4,2 juta ASN kita ini.Sekitar 1,6 juta masih tenaga administrasi, sekarang sudah menyerap 1 juta pendaftaran untuk PPPK guru. Tapi itu pun juga belum maksimal. Nah, ke depan, ini harus semakin penerimaan pegawai sesuai kebutuhan. Kalau dulu yang meninggal lima, masuk seratus. Ini yang menjadikan stuck,” papar dia.

Dengan begitu, dia berharap nantinya tidak terdapat lagi tenaga honorer sebab seluruh direkrut jadi PPPK. “Termasuk tenaga honorer, sudah mulai tidak ada dan sebagainya.Ke depan akan lebih banyak yang PPPK ini.Toh, kebijakannya juga sama kok, gaji, tunjangan sama,” kata Tjahjo.

Dari kesimpulan diatas bahwa telah diketahui bahwa penerimaan CPNS di tahun 2022 ini bukan ditiadakan, akan tetapi akan dibuka sesuai dengan kebutuhan, semoga informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman-teman anda yang masih penasaran dengan ada tidak nya seleksi CPNS 2022 ini ya.

Disclaimer : Informasi ini dihimpun dari berbagai sumber
Sumber Foto : tribunnews

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Copyright[at]2022 simulasicat.id | Powered by SimulasiCat.ID