Daftar Isi Postingan :
Simulasi CATÂ – Berikut kisi-kisi SKB Guru Ahli Pertama CPNS 2024
Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2024 adalah tahapan penting yang menentukan kelulusan peserta. Khusus untuk formasi Guru Ahli Pertama, Kemenpan RB telah merilis kisi-kisi materi yang akan diujikan. Berikut informasi lengkap tentang materi, jadwal, dan mekanisme penilaian SKB CPNS 2024.
Jadwal Pelaksanaan SKB CPNS 2024
- Pengumuman Hasil SKD: Setelah seleksi administrasi dan ujian SKD selesai.
- Pelaksanaan SKB non-CAT: 20 November – 17 Desember 2024.
- Pelaksanaan SKB CAT: 9 – 20 Desember 2024.
Pastikan untuk memantau pengumuman resmi dari instansi terkait melalui portal SSCASN BKN.
Materi Pokok SKB Guru Ahli Pertama CPNS 2024
Materi SKB untuk Guru Ahli Pertama difokuskan pada penguasaan disiplin ilmu, teori belajar, serta kemampuan pedagogis. Berikut daftar lengkap kisi-kisi:
A. Penguasaan Disiplin Ilmu
- Konsep dan materi disiplin ilmu yang relevan.
- Hirarki konsep dalam disiplin ilmu.
- Keterkaitan antar konsep.
- Prasyarat pemahaman konsep disiplin ilmu tertentu.
B. Teori Belajar dan Psikologi Pendidikan
- Teori Belajar:
- Ausubel
- Gagné (termasuk Taksonomi Bloom)
- Piaget
- Tahapan perkembangan murid berdasarkan usia.
- Karakteristik murid berkebutuhan khusus.
- Profil Pelajar Pancasila.
C. Desain dan Evaluasi Pembelajaran
- Desain Pembelajaran:
- Individualized Education Program (IEP)
- Differentiated Learning
- Facilitating Learning
- Asesmen:
- Classroom-based assessment
- Assessment as learning & assessment for learning
- Pemanfaatan hasil asesmen untuk remedial dan pengayaan.
- Pengembangan motivasi siswa, behavior modification, dan prinsip-prinsip reward & punishment.
D. Kompetensi Guru
- Kode etik guru dan interaksi guru-murid.
- School safety dan diversity dalam pendidikan.
E. Psikologi dan Potensi Diri
- Working memory, long-term memory, procedural & declarative knowledge.
- Perencanaan karir dan pengembangan potensi diri.
Strategi dan Mekanisme Penilaian SKB CPNS 2024
Sistem Penilaian
- Berbasis CAT (60%):
- Penilaian dilakukan dengan sistem komputer yang objektif dan transparan.
- Soal berbasis teori dan praktik keilmuan sesuai jabatan.
- Non-CAT:
- Penilaian dilakukan oleh panelis melalui wawancara, simulasi, atau tes khusus.
- Digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi, karakter, atau kompetensi fisik.
Bobot Penilaian
- SKB: 60%
- SKD: 40%
Karena bobot SKB lebih besar, peserta harus memprioritaskan pemahaman mendalam pada materi SKB.
Tips Sukses Menghadapi SKB Guru Ahli Pertama
- Pelajari Kisi-Kisi: Fokus pada teori belajar, desain pembelajaran, dan teknik asesmen yang relevan dengan pendidikan.
- Simulasi CAT: Latihan menggunakan soal-soal berbasis CAT untuk membiasakan diri dengan format ujian.
- Tingkatkan Pemahaman Pedagogis: Pahami penerapan teori dalam situasi nyata, seperti bagaimana memotivasi siswa atau mendesain pembelajaran inklusif.
- Siapkan Mental: Untuk tes non-CAT, latih kemampuan komunikasi dan kepercayaan diri dalam wawancara atau simulasi pengajaran.
Dengan memahami kisi-kisi dan mempersiapkan diri secara strategis, Anda dapat meningkatkan peluang lulus SKB CPNS 2024 dan menjadi Guru Ahli Pertama.
Contoh Soal
1. Teori Belajar (Teori Gagné)
Soal:
Menurut teori belajar Gagné, tahap-tahap pembelajaran yang efektif melibatkan beberapa langkah sistematis. Tahap pertama dalam teori ini adalah:
A. Memberikan stimulus
B. Memunculkan perhatian peserta didik
C. Memberikan panduan belajar
D. Memberikan penguatan
Jawaban:
B. Memunculkan perhatian peserta didik
Pembahasan:
Teori belajar Gagné mengidentifikasi 9 Events of Instruction, di mana langkah pertama adalah memunculkan perhatian untuk memastikan peserta didik siap menerima pembelajaran. Contohnya, guru dapat menggunakan cerita menarik atau gambar visual untuk memfokuskan perhatian siswa sebelum memulai materi utama.
2. Profil Pelajar Pancasila
Soal:
Salah satu karakteristik Profil Pelajar Pancasila adalah memiliki kemampuan berpikir kritis. Pernyataan berikut yang mencerminkan kemampuan berpikir kritis adalah:
A. Menghafal teori dan konsep sesuai arahan guru.
B. Mengajukan pertanyaan yang relevan terhadap permasalahan yang dibahas.
C. Menerima semua informasi tanpa mengevaluasi sumbernya.
D. Mengikuti semua pendapat mayoritas di dalam kelas.
Jawaban:
B. Mengajukan pertanyaan yang relevan terhadap permasalahan yang dibahas.
Pembahasan:
Berpikir kritis adalah kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menginterpretasikan informasi secara logis. Salah satu cirinya adalah mengajukan pertanyaan mendalam untuk menggali pemahaman lebih lanjut atau memecahkan masalah.
3. Asesmen dalam Pembelajaran
Soal:
Guru ingin mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat kesimpulan dari suatu eksperimen. Teknik asesmen yang digunakan guru termasuk dalam:
A. Assessment for learning
B. Assessment of learning
C. Assessment as learning
D. Summative assessment
Jawaban:
C. Assessment as learning
Pembahasan:
Assessment as learning berfokus pada keterlibatan siswa dalam proses asesmen sebagai bagian dari pembelajaran itu sendiri. Dalam kasus ini, siswa aktif membuat kesimpulan sebagai bagian dari evaluasi proses berpikir mereka.
4. Differentiated Learning
Soal:
Dalam pendekatan Differentiated Learning, guru menghadapi siswa dengan tingkat kemampuan yang berbeda dalam satu kelas. Strategi yang sesuai untuk mendukung pembelajaran adalah:
A. Memberikan tugas yang sama kepada semua siswa.
B. Menyesuaikan metode pembelajaran sesuai kebutuhan setiap siswa.
C. Membagi siswa berdasarkan tingkat kemampuan tanpa ada rotasi kelompok.
D. Menentukan satu jenis media pembelajaran untuk semua siswa.
Jawaban:
B. Menyesuaikan metode pembelajaran sesuai kebutuhan setiap siswa.
Pembahasan:
Differentiated Learning mengharuskan guru untuk menyesuaikan strategi, metode, dan media pembelajaran dengan kebutuhan individu siswa agar setiap siswa dapat belajar sesuai dengan potensinya.
5. Karakteristik Murid Berkebutuhan Khusus
Soal:
Seorang siswa dengan disleksia cenderung mengalami kesulitan dalam:
A. Mengikuti instruksi verbal.
B. Membaca dan menulis.
C. Berkomunikasi secara sosial.
D. Memahami konsep matematika abstrak.
Jawaban:
B. Membaca dan menulis.
Pembahasan:
Disleksia adalah gangguan belajar yang memengaruhi kemampuan membaca dan menulis. Siswa dengan disleksia sering kesulitan memahami teks tertulis, meskipun memiliki kecerdasan normal atau di atas rata-rata.
6. Reward dan Punishment dalam Pembelajaran
Soal:
Seorang guru memberikan penghargaan berupa bintang kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar. Teknik ini merupakan contoh dari:
A. Reinforcement positif
B. Reinforcement negatif
C. Punishment
D. Behavior extinction
Jawaban:
A. Reinforcement positif
Pembahasan:
Reinforcement positif adalah pemberian stimulus menyenangkan setelah perilaku yang diinginkan muncul, dengan tujuan memperkuat perilaku tersebut. Dalam kasus ini, pemberian bintang adalah penghargaan untuk memotivasi siswa.
7. Tahapan Perkembangan Menurut Piaget
Soal:
Menurut teori Piaget, anak usia 7-11 tahun berada pada tahap perkembangan kognitif:
A. Sensorimotor
B. Preoperasional
C. Operasional konkret
D. Operasional formal
Jawaban:
C. Operasional konkret
Pembahasan:
Tahap operasional konkret (usia 7-11 tahun) adalah saat anak mulai berpikir logis tentang objek konkret, tetapi belum dapat menangani konsep abstrak sepenuhnya. Misalnya, mereka dapat memahami hubungan sebab-akibat secara nyata.